Revitalisasi Perekonomian Pondok Pesantren Melalui Budidaya Ikan Pasca Pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan

  • Teguh Martadinata Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi
Keywords: revitalisasi, perekonomian, pondok pesantren, budidaya ikan

Abstract

Di tengah pandemi ini, pondok pesantren tak bisa bergantung hanya dari iuran belajar para santri, koperasi santri, bantuan donator dan pemerintah. Karena beberapa biaya terfokus pada pemulihan sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, pondok pesantren harus mampun mandiri dalam bidang berekonomian, diantara upaya kemandirian ini dengan melakukan Budidaya Ikan untuk merevitalisasi ekonomi pondok pesantren. Berdasarkan problem ini maka kajian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Melalui metode analisis deskriptif hermeneutis, kajian ini mampu menjelaskan bahwa Revitalisasi Perekonomian Pondok Pesantren Melalui Budidaya Ikan Pasca Pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan bisa dilakukan untuk membantu perekonomian di kawasan pondok pesantren. Upaya yang dilakukan dalam revitalisasi ini dengan memanfaatkan lahan untuk dibuat kolam penampungan, membuat kolam terpal yang dibantu dengan sistem teknologi bioflok, dan melaukan pembibitan ikan. Selain itu, dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memudahkan memasarkan ikan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agency, ANTARA News. t.t. “Ponpes Desa Kambitin kelola budi daya ikan bioflok.” ANTARA News Kalimantan Selatan. Diambil 19 April 2021 (https://kalsel.antaranews.com/berita/134116/ponpes-desa-kambitinkelola-budi-daya-ikan-bioflok).

Alwi, B. Marjani. 2013. “Pondok pesantren: ciri khas, perkembangan, dan Sistem Pendidikannya.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 16(2):205–19.

Anon. t.t. “Dorong Budidaya Haruan di Pesantren, KPw BI Kalsel Sebut Haruan Pemicu Inflasi Kalsel.” Banjarmasin Post. Diambil 19 April 2021a (https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/02/04/dorong-budidaya-haruan-di-pesantren-kpw-bi-kalsel-sebut-haruan-pemicu-inflasi-kalsel).

Anon. t.t. “Ponpes Al Islam Kambitin Tabalong Lakukan Budidaya Ikan dengan Sistem Bioflok.” Banjarmasin Post. Diambil 19 Juni 2021b (https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/12/07/ponpes-al-islam-kambitin-tabalong-lakukan-budidaya-ikan-dengan-sistem-bioflok).

Baidowi, Ahmad, Ahmad Salehudin, Abdul Mustaqim, Saifuddin Z. Qudsy, dan Nurul Hak. 2021. “Theology of Health of Quranic Pesantren in the Time of COVID-19.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 77(4):11. doi: 10.4102/hts.v77i4.6452.

Fathoni, Muhammad Anwar, dan Ade Nur Rohim. 2019. “Peran Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Indonesia.” Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics 2(0):133–40.

Hannan, Abd, Siti Azizah, dan Husna Atiya. 2020. “Dinamika Pesantren dalam Merespons Pandemi Covid-19 di Madura.” DINIKA: Academic Journal of Islamic Studies 5(2):213–42.

Hanoatubun, Silpa. 2020. “Dampak Covid – 19 Terhadap Prekonomian Indonesia.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1):146–53.

Hasan, Muhammad. 2015. “Inovasi dan modernisasi pendidikan pondok Pesantren.” KARSA: Journal of Social and Islamic Culture 23(2):296
–306.

Junaedi, Dedi, dan Faisal Salistia. 2020. “DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PASAR MODAL DI INDONESIA.” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 2(4):1–30.

Kahfi, Shofiyullahul, dan Ria Kasanova. 2020. “MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DI MASA PANDEMI
COVID-19 (Studi pondok pesantren mambaul Ulum kedungadem)
Bojonegoro).” Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter 3(1):26–30. doi: 10.31764/pendekar.v3i1.2827.

Noeng Muhadjir. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Reka Sarasin.

Rahman, Kholilur. 2018. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di ndonesia.” Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–14.

Ryandono, Muhamad Nafik Hadi. 2018. “Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Sosial Ekonomi di Jawa Timur pada Abad ke-20.” Mozaik Humaniora 18(2):189–204.

Syafe’i, Imam. 2017. “Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):61–82.

Tolchah, Moch, dan Muhammad Arfan Mu’ammar. 2019. “Islamic Education in The Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.” Humanities & Social Sciences Reviews 7(4):1031–37
CROSSMARK
Published
2021-12-31
DIMENSIONS
How to Cite
Martadinata, T. (2021). Revitalisasi Perekonomian Pondok Pesantren Melalui Budidaya Ikan Pasca Pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 11(2), 55-61. https://doi.org/10.36589/rs.v11i2.190